About



DEMOKRASI POLITIK DALAM MASYARAKAT
Oleh: KHAIRUL IMAN

Demokrasi dan politik adalah hal yang tak bisa di pisahkan dalam kehidupan berpolitik dan bernegara
Demokrasi adalah kah para rakyat dan politik adalah hak dari wakil rakyat untuk mengemukakan hak—hak dan aspirasi dari warga Negara.
Menurut Samuel Huntington
System politik sebagai demokratis sejauh para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam system itu di pilih melalui pemilihan umum yang adil, jujur, dan berkala dan di dalam system itu para calon bebas bersaing untuk memperoleh suara dan hampir semua penduduk dewasa berhak memberikan suara.
Dalam berpolitik,masyarakat adalah sebagai actor dari scenario pemerintahan pada sebuah Negara yang menganut system presidensial,karena masyarakat termasuk ke dalam bagian politik dengan menjadikan mereka sebagai landasan untuk berpolitik maka mereka harus menjalani pendidikan demokrasi agar mengetahui apa-apa saja hak dan kewajiban mereka (masyarakat)
Demokrasi dewasa ini ternyata memerlukan syarat hidup yaitu warga Negara yang memeliki dan menegakan nilai-nilai demokrasi. Tersedianya demokrasi ini membutuhkan waktu yang lama, berat dan sulit. Oleh karena itu, secara substantif berdimensi jangka panjang, guna mewujudkan masyarkat demokratis, pendidikan demokratis mutlak diperlukan. Karena pada hakikatnya pendidikan demokrasi adalah sosialisasi nilai-nilai demokrasi supaya bisa diterima dan dijalankan oleh oleh warga Negara.
Tujuan pendidikan demokrasi adalah mempersiapkan warga masyarakat berperilaku dan bertindak demokratis melalui aktivitas menanamkan pada generasi muda akan pengetahuan, kesadaran, dan nilai-nilai demokrasi.
Hal ini memberikan isyarat betapa pentingnya pendidikan politik untuk di tanamkan / diterapkan padasemua warga negara Indonesia agar memiliki kesadaran politik bangsa. Melalui pendidikan politikdiharapkan akan lahir warga negara yang demokratis, patuh pada hukum sadar akan kebersamaan danmenghargai nilai kemanusiaa secara beradab.Adapaun tujuan dan inti dari pendidikan politik sesuai dengan isi yang tersurat dalam pancasila sila ke-4antara lain membuat rakyat menjadi melek politik atau sadar politik, lebih kreatif dalam partisipasi sosialpolitik di era pembangunan saat ini, sekaligus juga menghumanisasikan masyarakat agar menjadi
“leefbaar” yaitu lebih nyaman dan sejahtera untuk ditempati oleh warga negara Indonesia.



Pengaruh demokrasi terhadap social budaya dalam masyarakat
Budaya yang ada di Indonesia sangat beraneka ragam. Banyak budaya bukan berarti dapat memecah belah bangsa Indonesia. Seperti kata pepatah, berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Itulah semboyan yang cocok bagi keadaan bangsa Indonesia, walaupun banyak budaya dari sabang sampai marauke, tapi kita sama dalam beraspirasi ke pemerintah, dalam hukum, dan lain sebagainya. Demokrasi membawa budaya yang sangat baik bagi kita. Mengakui kekalahan dan mendukung yang menang merupakan salah satu budaya demokrasi. Banyak hal yang dipengaruhi oleh demokrasi, seperti halnya rapat dalam merumuskan peraturan desa dan lain sebagainya dilakukan dengan cara yang demokratis. Jadi partisipasi politik masyarakat sangat dibutuhkan dalam kehidupan perpollitikan di dalam suatu Negara. Inilah saatnya masyarakat tidak menutup mata dan dapat membuka dirinya terhadap suatu sistem perpolitikan dan sistem pemerintahan guna untuk memajukan negaranya Serta dalam menentukan wakil rakyat yang benar-benar berkompeten untuk menentukan kemajuan dari suatu negara dibutuhkan pola pikir kritis masyarakatnya. Karena suatu Negara tidak akan mungkin berkembang tanpa adanya partisipasi dan dukungan dari masyarakatnya. Media masa juga dapat mempengaruhi dalam membentuk opini dari masyarakatnya. Asiah Sarji (1991:30) mengemukakan sebagian besar perkembangan kemajuan dan pola pikir kritis  masyarakat adalah pengaruh media masa terutama televisi yang telah banyak mengubah kepedulian terhadap masalah sosial, politik, dan ekonomi Negara. Sedangkan menurut Cahyono (1998:151), perubahan status sosial ekonomi, pendidikan dan kemudahan sistem informasi media masa yang gencar dapat meningkatkan pengetahuan dan partisipasi politik masyarakat. Perkembangan politik akan meningkatkan kualitas pengetahuan politik masyarakat dalam praktik demokrasi melalui informasi yang didapat.

Dapat di simpulkan bahwa masyarak Indonesia harus dapat pendidikan dalam demokrasi dan politik yang gunanya untuk mecerdaskan masyarakat terhadap partisipan berpolitik dan mengawal sytem demokrasi pemerintahan.
Serta system demokrasi dan perpolitikan di Indonesia harus memihak terhadap rakyat kecil dan tidak membuat rakyat sebagai sumber suara dalam pemilu maupun sebagai tangga untuk menuju singgasana jabatan yang kotor. Kemajuan perkembangan politik suatu Negara dapat dilihat dari baik buruknya partisipasi masyarakatnya, seperti yang dikemukakan oleh Rauf (1998:12) bahwa kemajuan di bidang politik yang terjadi di negara-negara modern oleh masyarakat akan menjadi inspirasi untuk menilai perkembangan politik negara. Setiap orang dapat mengetahui perkembangan demokrasi dan politik di negaranya melalui pandangannya terhadap partisipasi masyarakat di bidang politik dan pemerintahan di dalam Negara ini.

Reviewed by kreaasi komunikasi dan informasi on 23:00 Rating: 5

No comments:

Facebook